Home » » Tips merawat notebook

Tips merawat notebook

Assalamualaikum, sobat Blogger..  kali ini saya akan sharing tentang bagaimana 'Tips merawat notebook'... Oke, ni dia Postingannya :
 


Komputer juga butuh kasih sayang dan perhatian. Agar komputer awet dan berumur panjang, serta kinerjanya garang setiap saat, lakukan perawatan secara berkala terhadap komputer Anda.

Perawatan komputer bisa dipandang dari dua sisi, yaitu perawatan fisik dan perawatan perangkat lunak. Ayo, kita mulai pembahasan dari perawatan fisik terlebih dahulu.


MERAWAT FISIK
Agar casing notebook Anda tetap terlihat cemerlang, gunakan cairan pembersih khusus alat elektronik untuk membersihkannya. Semprotkan cairan pada kain lap yang lembut dan gosok casing-nya. Keyboard notebook bisa dibersihkan dengan kuas. Berbeda dengan keyboard eksternal yang digunakan pada PC, keyboard notebook tidak dapat dibuka tersendiri.

Membuka keyboard notebook sama dengan membongkar notebook. Jadi, jika bagian dalam keyboard kotor atau ketumpahan cairan, sebaiknya langsung dibawa saja ke bengkel resmi notebook tersebut.

Monitor notebook selalu menggunakan LCD. Jadi, untuk membersihkan monitor notebook, Anda bisa mengikuti langkah-langkah membersihkan LCD di bagian sebelumnya. Selain dibersihkan, notebook juga harus diperlakukan dengan baik dan cermat.

Bagaimana caranya?
  1. Jauhkan notebook dari sinar matahari langsung. Sebaiknya jangan bekerja di dekat jendela di mana sinar matahari bisa langsung menerobos masuk. Juga jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang parkir di tempat terik. Selain berisiko notebook kepanasan, risiko dicuri juga besar.
  2. Saat bekerja, jangan letakkan notebook di atas tempat lembut, misalnya sofa atau kasur. Hal tersebut bisa menghambat aliran udara di bawah notebook dan mengakibatkan notebook cepat panas, bahkan overheating.
  3. Jangan meletakkan benda berat di atas notebook.
  4. Jika Anda bekerja dengan adaptor, apalagi untuk waktu yang lama, sedapat mungkin cabutlah baterai notebook.
  5. Lakukan proses charging baterai dalam keadaan notebook mati.
  6. Jika notebook hendak disimpan dalam waktu yang cukup lama, lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.
  7. Terakhir—ini sebenarnya lebih terkait dengan merawat diri Anda sendiri—jangan menggunakan notebook sambil dipangku, karena berpotensi menimbulkan cedera paha.

MERAWAT PERANTI LUNAK
Baik itu notebook maupun PC, perawatan peranti lunak bergantung dari sistem operasi yang digunakan. Untuk merawat peranti lunak, Anda bisa melakukan hal berikut:
  1. Jangan lupa shutdown untuk mematikan komputer.
  2. Lakukan pemeriksaan file system secara berkala dengan perangkat-perangkat yang disediakan oleh sistem operasi atau pihak ketiga. Contohnya ScanDisk dan Disk Defragmenter pada sistem operasi Windows, atau fsck untuk sistem operasi Linux.
  3. Pasang antivirus dan lakukan update virus definition-nya secara berkala untuk mencegah serangan virus baru.
Semoga berguna.
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Blog Archive

 
Support : Faisal Kamikaze | Tutorial Blog | Blogger
Copyright © 2013. Venom Cyber ™ - All Rights Reserved
Template Created by Creative Published by Faisal Kamikaze Template
Proudly powered by Blogger