Home » » Tips merawat komputer

Tips merawat komputer

Assalamualaikum, sobat Blogger..  kali ini saya akan sharing tentang bagaimana 'Tips merawat kompouter'... Oke, ni dia Postingannya :
Komputer juga butuh kasih sayang dan perhatian. Agar komputer awet dan berumur panjang, serta kinerjanya garang setiap saat, lakukan perawatan secara berkala terhadap komputer Anda.

Perawatan komputer bisa dipandang dari dua sisi, yaitu perawatan fisik dan perawatan perangkat lunak. Ayo, kita mulai pembahasan dari perawatan fisik terlebih dahulu.


MERAWAT FISIK
Perawatan PC dapat dimulai dari hal yang terlihat sepele, yaitu membersihkan bagian luar casing PC. Sebelum proses perawatan dimulai, cabut terlebih dulu semua kabel listrik yang menancap di komputer. Sedapat mungkin, jangan gunakan kemoceng, tapi kain lap lembut yang dibasahi sedikit air. Gunakan air secukupnya hanya untuk membuat lap menjadi lembab. Jangan sampai air menetes masuk saat Anda mengelap permukaan casing.

Untuk membersihkan debu yang ada dalam casing, bukalah casing dan gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu pada bagian-bagian yang sulit dijangkau. Bila debu di bagian dalam casing sudah sedemikian tebal, sebaiknya lepas seluruh komponen PC dan bersihkan bagian dalam casing dengan kain lap lembab. Setelah dibersihkan, tunggu sampai benar-benar
kering baru pasang kembali komponen-komponen PC.

Slot-slot yang ada pada motherboard—seperti slot PCI, AGP, dan memori—juga berpotensi terkena debu. Untuk membersihkannya, cabut kartu-kartu yang tertancap pada motherboard, kemudian bersihkan slot-slotnya dengan kuas. Untuk kartu-kartunya, bersihkan bagian yang
menancap pada slot, juga dengan kuas. Bila debu yang menempel sedikit membandel, cobalah gunakan penghapus pensil untuk membersihkannya.

Sekarang beralih ke monitor. Jika Anda menggunakan monitor CRT, maka cara membersihkan dengan kain lap lembab boleh dilakukan. Untuk layarnya, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih kaca atau cairan khusus pembersih alat elektronik.

Untuk monitor LCD, khusus casing di bagian belakang, boleh dibersihkan dengan kain lap lembab. Namun gunakan kain lap yang kering untuk mengelap bagian depan (layarnya).
Gunakan juga kain lap yang lembut, seperti lap pembersih kacamata misalnya.
Saat mengelap, jangan terlalu menekan layar. Jika ada kotoran yang membandel dan Anda terpaksa harus menggunakan cairan pembersih, semprotkan cairan pembersih tersebut ke kain lap untuk membersihkan kotoran. Jangan sekali-kali menyemprotkan langsung cairan pembersih ke layar monitor LCD.

Mouse dan keyboard juga tidak boleh luput dari perawatan. Jika mouse Anda menggunakan bola, bukalah mouse dan bersihkan bolanya. Bersihkan juga poros penggerak yang bersinggungan dengan bola tersebut. Jika Anda menggunakan mouse optik, bersihkan bagian optik-nya dengan tissue atau cotton bud.

Untuk keyboard, Anda bisa membersihkan debu yang menempel dengan kuas. Namun jika tumpukan debu dan kotoran sudah sedemikian parah, apalagi jika keyboard pernah ketumpahan cairan, bukalah keyboard tersebut dan bersihkan bagian dalamnya. Bukalah keyboard dalam keadaan terbalik (dengan tuts ada di bagian bawah) supaya tutsnya tidak berhamburan.

Selain membersihkan PC, perawatan lain yang dapat dilakukan adalah menjauhkan PC dan monitor dari medan magnet yang sangat kuat. Gunakan juga daya listrik yang stabil. Jadi, jika Anda tidak yakin jaringan listrik di rumah Anda menghasilkan output yang stabil, gunakan stabilizer. Bahkan jika perlu, gunakan UPS.

MERAWAT PERANTI LUNAK
Baik itu notebook maupun PC, perawatan peranti lunak bergantung dari sistem operasi yang digunakan. Untuk merawat peranti lunak, Anda bisa melakukan hal berikut:
  1. Jangan lupa shutdown untuk mematikan komputer.
  2. Lakukan pemeriksaan file system secara berkala dengan perangkat-perangkat yang disediakan oleh sistem operasi atau pihak ketiga. Contohnya ScanDisk dan Disk Defragmenter pada sistem operasi Windows, atau fsck untuk sistem operasi Linux.
  3. Pasang antivirus dan lakukan update virus definition-nya secara berkala untuk mencegah serangan virus baru.
Semoga bermanfaat.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Blog Archive

 
Support : Faisal Kamikaze | Tutorial Blog | Blogger
Copyright © 2013. Venom Cyber ™ - All Rights Reserved
Template Created by Creative Published by Faisal Kamikaze Template
Proudly powered by Blogger