Home » » Tips Merawat Flash Disk

Tips Merawat Flash Disk

Cara penyimpanan data dahulu masih menggunakan disket, sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur serta dilapisi lapisan plastik. yang
kapasitasnya biasanya paling umum 1.44 MB, tapi perkembangan alat penyimpanan semakin berkembang dari mulai digunakannya CD dan DVD tidak lupa flash disk menjadi tempat penyimpanan data yang memenuhi kebutuhan teknologi saat ini.


Beragam bentuk serta kapasitas yang ditawarkan hal ini sesuai dengan kebutuhan personal jika menggunakan flash disk ini, bagi seorang fotografer atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan kapasitas memori besar yang dahulu hanya 1.44 MB sekarang dengan flash disk data memuat hingga 32 MB sampai 8 GB. Adapun harganya pun menyesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, oleh sebab itu perlu merawat secara intensif karena berharganya data yang tersimpan di flash disk tersebut.

Berikut beberapa cara untuk merawat flash disk termasuk menggunakan flash disk dengan benar sehingga flash disk umurnya panjang serta awet :

1.  Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
Kenapa harus hindari barang yang menimbulkan magnet karena dapat merusak data yang tersimpan dalam flash disk, barang seperti televisi dan handphone sangat tidak baik untuk flash disk oleh sebab itu jangan pernah lakukan penyimpanan flash disk dekat dengan barang tersebut karena barang tersebut medan magnetnya sangat kuat.

2. Hindari terhadap Benda Cair
Untuk tidak mengambil resiko sebaiknya hindari benda cair seperti air hujan disaat kehujanan, walaupun beberapa fitur flash disk menyediakan flash disk yang waterproof tapi tetap saja harus menjaga dari air itu lebih baik dibanding akan ada resiko hilangnya data akibat terkena air.

3. Lakukan Rutin Virus Scan
Lakukan dengan hati-hati sebelum lakukan pemindahaan data dari flsh disk ke PC komputer atau sebaliknya, terlebih dahulu kebiasaan untuk scan flash disk karena sangat riskan jika saat pemindahan data terjangkit virus. Kebiasaan scan virus dengan software anti virus baik untuk flash disk cara pencegahan dini, serta awet panjang umur.

4. Biasakan Proses Eject atau Stop
Pastinya sebelum mencabut flash disk ada opsi untuk lakukan eject flash disk maka dari itu lakukan kebiasaan selalu eject flash disk setelah menggunkannya di PC komputer, hal ini dilakukan untuk mengindari kerusakan flash disk serta dapat mempengaruhi file dan data yang tersimpan didalam jika tidak melakukan proses eject tersebut.

5. Hindari Dari Tempat Panas
Hampir semua barang elektronik kemungkinan memang tidak tahan dari panas termasuk flash disk juga rentan terhadap hawa panas apalagi terkena dampak sinar matahari langsung, jadi usahakan dalam melakukan penyimpanan flash disk terhindari dari sinar matahari tempatkan dalam udara yang sejuk.

6. Hindari dari Goncangan Keras
Sama hal dengan perangkat gadget lainnya pastinya guncangan keras dapat merusak fungsi gadget itu sendiri terkecuali dengan flash disk, oleh sebab itu hindarilah benturan maupun guncangan terhadap flash disk.

7. Pastikan Keadaan Tertutup
Flash disk terdapat socket USB yang menjadi penghubung antara flash disk dengan PC komputer, jangan sampai setelah pemakaian flash disk dalam keadaan terbuka karena udara serta lingkungan dapat mempengaruhi semisal debu dan kotran yang masuk melalui soket USB tersebut.

8. Minimalisir Proses Hapus dan Tulis
Flash disk mempunyai masa usia atau kapan saat tidak bisa digunakan lagi karena masing-masing merek dan flash disk mempunyai usia yang berbeda-beda hal ini juga tergantung pada kualitas, penggunaan, serta perawatan. Biasanya flash disk memiliki 10.000 - 100.000 kali untuk proses hapus dan tulis, oleh sebab itu hindari jika ingin membuka file atau data langsung dari flash disk atau lakukan pengeditan langsung. Sebelumnya pindahkan dahulu ke PC komputer untuk lakukan pengeditan, atau jika terlalu banyak data yang tersimpan dalam flash disk sebaiknya kompress dengan zip.

9. Jangan Pernah Lupa Dan Berilah Gantungan
Kebiasaan jika menggunakan flash disk di warnet atau tempat lainnya selain tempat kita sendiri kadangkala lupa mencabut flash disk alias tertinggal, hindari kebiasaan setelah menggunakannya ditinggal begitu saja karena lupa. Untuk mengatasinya gunakan gantungan untuk flash disk karena bentuknya yang kecil sehingga tampak terlihat dengan baik dengan tali gantungan yang biasa diletakkan dileher.

Semoga tips perawatan flash disk ini dapat bermanfaat setidaknya menjaga flash disk anda dari apa yang harus dihindari, termasuk menjadikan flash disk anda ini usia dan panjang usia
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Blog Archive

 
Support : Faisal Kamikaze | Tutorial Blog | Blogger
Copyright © 2013. Venom Cyber ™ - All Rights Reserved
Template Created by Creative Published by Faisal Kamikaze Template
Proudly powered by Blogger